Jariah S.Pd Kades Danau Prioritaskan Bangunan JUT dan Buka Jalan Baru Tahun 2024

Berita Desa242 Dilihat

GardaJambi.Com – Merangin. Salah satu hal penting yang tengah diupayakan oleh Pemerintah Desa Danau Kecamatan Nalo Tantan adalah pembangunan infrastruktur pertanian berupa Jalan Usaha Tani (JUT) atau jalan pertanian.

Jalan Usaha Tani (JUT) adalah jalan yang dibangun oleh pemerintah Desa dengan tujuan untuk memudahkan transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian. Jalan pertanian memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian terutama saat musim penghujan tiba, Serta meningkatkan kesejahteraan petani dan Masyarakat di sekitar lahan pertanian.

Kepala Desa Danau Jariah mengatakan, Desa Danau merupakan Desa yang mana mayoritas penduduknya sebagian besar adalah petani, maka pemerintah Desa akan terus berusaha memfasilitasi sektor pertanian ditandai dengan pembangunan JUT untuk memperluas daya jangkau distribusi hasil pertanian serta meningkatkan pendapatan petani di Desa tersebut.

“Agar dapat menjangkau area perkebunan maka diperlukan akses berupa jalan usaha tani agar pengangkutan hasil panen tidak terhambat oleh medan, terutama saat musim penghujan,” ujar Jariah

Kades Desa Danau Jariah, S.Pd tahun 2024 ini masih memprioritaskan Jalan Usaha Tani (JUT) seperti pembangunan jalan setapak dan Pembukaan jalan baru menurut kades kegiatan ini sesuai dgn usulan dan permintaan Masyarakat melalui Musdes RKPDes bahkan untuk tahun depan masih banyak Masyarakat yang mengusulkan untuk pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) terutama Pembukaan Jalan Baru karena sudah dirasakan oleh masyarakat manfaat seperti untuk kelancaran mengeluarkan hasil pertanian atau hasil perkebunan apalagi bagi para petani sawit.

“Tahun ini kita memprioritaskan pembagunan JUT dan pembukaan jalan baru, untuk tahun depan usulan yang disampaikan oleh Masyarakat juga sama, karena mereka sudah merasakan manfaat dari jalan tersebut,” Ujar Kades Desa Danau yang merupakan salah satu dari dua orang Kades Perempuan di Kabupaten Merangin, dan bisa dikatakan kartini merangin.

Penulis : Kay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *